UJIAN
PRAKTEK SBK
SD Negeri :
Mata Pelajaran : SBK
Kelas / Semester : VI / II
Hari / Tanggal :
1. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
A.
Seni Musik
1. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan dinamika melalui
berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah
setempat
2. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis dan gabungan
terhadap berbagai musik/lagu wajib, daerah dan Nusantara
3. Mengapresiasi
dan mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan
Nusantara dengan memainkan alat musik daerah setempat
B.
Keterampilan
1. Mengapresiasi
dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik konstruksi
2. Mengapresiasi
dan membuat kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan macramé
3. Mengapresiasi
dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan berbagai bahan
4. Mengapresiasi
dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan
2. MATERI
A.
Seni Musik
Menyanyikan
lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah
setempat
B.
Keterampilan
Membuat nyaman dengan berbagai bahan
C. INDIKATOR
A.
Seni Musik
Siswa
dapat menyanyikan lagu wajib, daerah dan nusantara dengan memainkan alat musik
sederhana daerah setempat
B.
Keterampilan
Siswa
dapat buat anyaman dengan berbagai bahan
A. SENI MUSIK
Menyanyikan
lagu wajib daerah dan nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah
setempat
1. Petunjuk Kegiatan
a. siswa
menyanyikan dua buah lagu yang terdiri dari :
-
lagu wajib nusantara : Indonesia raya
-
Lagu wajib daerah : sabilulungan, karatagan pahlawan, pileuleuyan, (pilih salah
satu)
b.
Siswa menyanyikan dua buah lagu dengan
memainkan alat musik sederhana sebagai pengiring berupa Gitar, seruling,
pianika, recorder (siswa memilih salah satu alat musik yang akan dimainkan
untuk mengiringi lagu yang akan dibawakan)
2. Kriteria penilaian
-
Lagu Indonesia raya
a.
Hafalan lagu
b.
Suara yang lantang
c.
Kelancaran dalam memainkan alat musik
tradisional
d.
Ketepatan nada
-
Lagu wajib daerah
a.
Hafalan lagu
b.
Suara yang lantang
c.
Kelancaran dalam memainkan alat musik
tradisional
d.
Ketepatan nada
3. Skala Penilain
Skala penilaian lagu
wajib nusantara Indonesia raya dan lagu wajib daerah
Skala
Nilai 75 – 100
Kritria :
-
Siswa hafal lagu yang dibawakan
-
Bernyanyi dengan suara lantang
-
lancar dalam memainkan alat musik sederhana
-
Ketepatan nada dalam bernyanyi
|
Skala
Nilai 25 – 49
Kriteria :
-
Siswa hafal lagu yang dibawakan
-
Bernyanyi dengan suara pelan
-
Kurang menguasai alat musik sederhana yang dimainkan
-
nada lagu kurang tepat
:
|
skala
nilai 50 – 74
Kriteria:
-
Siswa hafal lagu yang dibawakan
-
Bernyanyi dengan suara lantang
-
Kurang menguasai alat musik sederhana yang dimainkan
-
nada lagu kurang tepat
|
Skala
Nilai 10 - 24
Kriteria :
-
Siswa kurang hafal lagu yang dibawakan
-
Bernyanyi dengan suara pelan
-
Kurang menguasai alat musik sederhana yang dimainkan
-
nada lagu kurang tepat
|
4. Nilai
Nilai Seni Musik
NO
|
NISN
|
NAMA SISWA
|
PRAKTEK
|
JUMLAH
|
NILAI
|
|
SENI
MUSIK
|
KETERAMPILAN
|
|||||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
||||||
11
|
||||||
12
|
||||||
13
|
||||||
14
|
||||||
15
|
||||||
16
|
||||||
17
|
||||||
18
|
||||||
19
|
||||||
20
|
B. KETERAMPILAN
Membuat nyaman dengan berbagai bahan
1. Petunjuk kegiatan
a.
Siswa membawa perlengkapan menganyam
seperti : 2 buah karton (satu warna untuk lusi dan satu warna untuk pakan), penggaris,
pensil, gunting, pisau cutter, dan lem
b.
Siswa membuat lusi berbentuk persegi
dengan panjang sisi-sisinya 30 cm
c.
Ukuran tiap jarak garis pada lusi
sebesar 1 cm
d.
Siswa membuat pakan dengan ukuran setiap
pakan 1 cm
e.
Jenis anyaman yang akan dibuat bebas
f.
Waktu pengerjaan 2 jam
2. Aspek Penilaian
1.
Tingkat kerumitan motif anyaman
2.
Kerapihan ayaman
3.
Penguasaan pada motif ayamanan yang
dibuat
3. Skala Penilaian
Skala
Nilai 75 – 100
Kritria :
-
Tingkat
kerumitan motif anyaman yang dibuat siswa
-
Siswa
rapi dalam membuat lusi dan pakan serta hasil anyaman
-
Siswa
menguasai motif ayaman yang dibuatnya
|
Skala
Nilai 25 – 49
Kriteria :
-
motif
anyaman yang dibuat siswa sederhana
-
Siswa
rapi dalam membuat lusi dan pakan serta hasil anyaman
-
Siswa
kurang menguasai motif ayaman yang dibuatnya
|
skala
nilai 50 – 74
Kriteria:
-
Motif
anyaman yang dibuat siswa sederhana
-
Siswa
rapi dalam membuat lusi dan pakan serta hasil anyaman
-
Siswa
kurang menguasai motif ayaman yang dibuatnya
|
Skala
Nilai 10 - 24
Kriteria :
-
motif
anyaman yang dibuat siswa sederhana
-
Siswa
kurang rapi dalam membuat lusi dan pakan serta hasil anyaman
-
Siswa
kurang menguasai motif ayaman yang dibuatnya
|
4.
Nilai
Anyaman
NO
|
NISN
|
NAMA SISWA
|
NILAI
|
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
||||
11
|
||||
12
|
||||
13
|
||||
14
|
||||
15
|
||||
16
|
||||
17
|
||||
18
|
||||
19
|
||||
20
|
Nilai
SBK = NILAI SENI MUSIK + KETERAMPILAN
2
Terima kasih banyakya.....
ReplyDeleteTerima kasih, sungguh sangat membantu saat ini.
ReplyDelete