Sunday, 18 May 2014

UJIAN PRAKTEK UNTUK SEKOLAH DASAR



 
UJIAN PRAKTEK SBK

SD Negeri                   :
Mata Pelajaran            :  SBK
Kelas / Semester          :  VI / II
Hari / Tanggal             :

1.      STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)
A.    Seni Musik
1.      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan memperhatikan dinamika melalui berbagai ragam lagu daerah dan wajib dengan iringan alat musik sederhana daerah setempat
2.      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan ansambel sejenis dan gabungan terhadap berbagai musik/lagu wajib, daerah dan Nusantara
3.      Mengapresiasi dan mengekspresikan karya seni musik dengan menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan memainkan alat musik daerah setempat

B.     Keterampilan
1.      Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan daerah setempat dengan teknik konstruksi
2.      Mengapresiasi dan membuat kerajinan dan benda permainan dengan teknik meronce dan macramé
3.      Mengapresiasi dan membuat karya kerajinan anyaman dengan menggunakan  berbagai bahan
4.      Mengapresiasi dan membuat karya benda mainan beroda dengan menggunakan berbagai bahan


2.      MATERI
A.      Seni Musik
Menyanyikan lagu wajib, daerah dan Nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah setempat
B.      Keterampilan
  Membuat nyaman dengan berbagai bahan

C.      INDIKATOR
A.      Seni Musik
Siswa dapat menyanyikan lagu wajib, daerah dan nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah setempat
B.      Keterampilan
Siswa dapat buat anyaman dengan berbagai bahan




A.    SENI MUSIK
Menyanyikan lagu wajib daerah dan nusantara dengan memainkan alat musik sederhana daerah setempat
1.      Petunjuk Kegiatan
a.       siswa menyanyikan dua buah lagu yang terdiri dari :
-           lagu wajib nusantara : Indonesia raya
-          Lagu wajib daerah     : sabilulungan, karatagan pahlawan, pileuleuyan, (pilih salah satu)
b.      Siswa menyanyikan dua buah lagu dengan memainkan alat musik sederhana sebagai pengiring berupa Gitar, seruling, pianika, recorder (siswa memilih salah satu alat musik yang akan dimainkan untuk mengiringi lagu yang akan dibawakan)

2.      Kriteria penilaian
-          Lagu Indonesia raya
a.       Hafalan lagu
b.      Suara yang lantang
c.       Kelancaran dalam memainkan alat musik tradisional
d.      Ketepatan nada


-          Lagu wajib daerah
a.       Hafalan lagu
b.      Suara yang lantang
c.       Kelancaran dalam memainkan alat musik tradisional
d.      Ketepatan nada









3.      Skala Penilain
Skala penilaian lagu wajib nusantara Indonesia raya dan lagu wajib daerah
Skala Nilai 75 – 100
          Kritria :
-          Siswa hafal lagu yang dibawakan
-          Bernyanyi dengan suara lantang
-          lancar dalam memainkan alat musik sederhana
-          Ketepatan nada dalam bernyanyi
Skala Nilai 25 – 49
                         Kriteria :
-          Siswa hafal lagu yang dibawakan
-          Bernyanyi dengan suara pelan
-          Kurang menguasai  alat musik sederhana yang dimainkan
-          nada lagu kurang tepat
 :
skala nilai 50 – 74
Kriteria:
-          Siswa hafal lagu yang dibawakan
-          Bernyanyi dengan suara lantang
-          Kurang menguasai  alat musik sederhana yang dimainkan
-          nada lagu kurang tepat
Skala Nilai 10 - 24
                       Kriteria :
-          Siswa kurang hafal lagu yang dibawakan
-          Bernyanyi dengan suara pelan
-          Kurang menguasai  alat musik sederhana yang dimainkan
-          nada lagu kurang tepat




4.      Nilai
Nilai Seni Musik
NO
NISN
NAMA SISWA
PRAKTEK
JUMLAH
NILAI
SENI MUSIK
KETERAMPILAN
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14






15






16






17






18






19






20







B.     KETERAMPILAN
 Membuat nyaman dengan berbagai bahan
1.      Petunjuk kegiatan
a.       Siswa membawa perlengkapan menganyam seperti : 2 buah karton (satu warna untuk lusi dan satu warna untuk pakan), penggaris, pensil, gunting, pisau cutter, dan lem
b.      Siswa membuat lusi berbentuk persegi dengan panjang sisi-sisinya 30 cm
c.       Ukuran tiap jarak garis pada lusi sebesar 1 cm
d.      Siswa membuat pakan dengan ukuran setiap pakan 1 cm
e.       Jenis anyaman yang akan dibuat bebas
f.       Waktu pengerjaan 2 jam

2.      Aspek Penilaian
1.      Tingkat kerumitan motif anyaman
2.      Kerapihan ayaman
3.      Penguasaan pada motif ayamanan yang dibuat

3.      Skala Penilaian
Skala Nilai 75 – 100
          Kritria :
-          Tingkat kerumitan motif anyaman yang dibuat siswa
-          Siswa rapi dalam membuat lusi dan pakan serta hasil anyaman
-          Siswa menguasai motif ayaman yang dibuatnya

Skala Nilai 25 – 49
                         Kriteria :
-          motif anyaman yang dibuat siswa sederhana
-          Siswa rapi dalam membuat lusi dan pakan serta hasil anyaman
-          Siswa kurang menguasai motif ayaman yang dibuatnya

skala nilai 50 – 74
Kriteria:
-          Motif anyaman yang dibuat siswa sederhana
-          Siswa rapi dalam membuat lusi dan pakan serta hasil anyaman
-          Siswa kurang menguasai motif ayaman yang dibuatnya
Skala Nilai 10 - 24
                       Kriteria :
-          motif anyaman yang dibuat siswa sederhana
-          Siswa kurang rapi dalam membuat lusi dan pakan serta hasil anyaman
-          Siswa kurang menguasai motif ayaman yang dibuatnya


4.      Nilai Anyaman
NO
NISN
NAMA SISWA
NILAI


1




2




3




4




5




6




7




8




9




10




11




12




13




14




15




16




17




18




19




20







Nilai SBK = NILAI SENI MUSIK + KETERAMPILAN
                                                                    2


           

2 comments: