RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 2x 35 menit (1x pertemuan)
I. STANDAR KOMPETENSI
Energi dan Perubahannya
2. Memahami cara tumbuhan hijau membuat makanan
II. KOMPETENSI DASAR
2.1 Mendeskripsikan
ketergantungan manusia dan hewan pada tumbuhan hijau sebagai sumber makanan
III.
ANALISIS
MATA PELAJARAN
1.
Pengertian sumber makanan
2.
Contoh tumbuhan hijau sebagai sumber makan
3.
Contoh hewan pemakan tumbuhan
4.
Kebutuhan manusia pada tumbuhan makanan
5.
Kebutuhan hewan pada tumbuhan hijau
IV.
INDIKATOR
1.
Mengidentifikasi pengertian sumber makanan
2.
Menyebutkan contoh tumbuhan hijau sebagai sumber
makanan
3.
Menyeutkan contoh hewan pemakan tumbuhan hijau
4.
Mendeskripsikan kebutuhan manusia pada tumbuhan makanan
5.
Mendeskripsikan kebutuhan hewan pada tumbuhan hijau
Indikator
afektif
Karakter
|
Indikator afektif
|
Komunikatif
|
Siswa
komunikatif pada saat mendeskripsikan ketergantungan hewan dan manusia
terhadap tumbuhan hijau
|
V.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Tujuan kognitif
1.
Dengan menggunakan metode ceramah siswa diharapkan
mampu mengidentifikasi pengertian sumber makanan dengan benar
2.
Dengan menggunakan metode bercerita siswa diharapkan
mampu mendeskripsikan kebutuhan manusia pada tumbuhan makanan dengan benar
3.
Dengan menggunakan metode tanya jawab siswa diharapkan
mampu menyebutkan contoh tumbuhan hijau sebagai sumber makanan dengan tepat
4.
Dengan menggunkan metode tanya jawab siswa iharapkan
mampu menyebutkan contoh hewan pemakan tumbuhan hijau dengan tepat
5.
Dengan menggunakan metode bercerita siswa diharapkan
mampu mendeskripsikan kebutuhan hewan pada tumbuhan hijau dengan benar
Tujuan afektif
1.
Dengan
menggunakan bercerita diharapkan dapat menumbuhkan kemampuan berkomunikasi
siswa
.
VI.
MATERI
PEMBELAJARAN
Ketergantungan Manusia dan Hewan
terhadap Tumbuhan Hijau
Tumbuhan
hijau juga merupakan sumber energi bagi manusia. Sebagian besar bahan makanan
kita berasal dari tumbuhan. Bagian tumbuhan yang biasa digunakan sebagai bahan
makanan sebagai berikut.
1. Akar,
contohnya wortel, lobak, dan singkong (ketela pohon).
2. Batang,
contohnya tebu dan sagu
3. .
Daun, contohnya bayam dan daun kol.
4. Bunga,
contohnya kembang kol dan brokoli.
5. Buah, contohnya jeruk dan pisang.
6. Biji,
contohnya kacang tanah dan kacang kedelai.
7. Tunas,
contohnya rebung (tunas bambu) dan asparagus.
hewan juga memperoleh sumber energi
dari tumbuhan hijau. Hewan herbivora (hewan pemakan tumbuhan) bergantung
secara langsung kepada tumbuhan. Apabila tidak ada tumbuhan, jenis-jenis hewan
tersebut akan mati kelaparan. Akibatnya, jumlah jenis-jenis hewan herbivora
akan semakin berkurang. Peristiwa ini akan menyebabkan hewan-hewan karnivora
(hewan pemakan daging) menjadi kekurangan bahan makanan.
VII.
METODE
PEMBELAJARAN
1. Tanya
jawab
2. Penugasan
3. Cerammah
VIII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
Kegiatan
awal (10 menit)
1. Mengkondisikan
kelas, berdo’a dan mengabsen siswa
2. Guru
mengaakan apersepsi dengan melakukan tanya jawab tentang tumbuhan yang
berfotosintesis
Kegiatan inti (55 menit) /pertemuan pertama
3.
Guru menjelaskan secara sisngkat mengenai peranan
tumuhan terhadap kehidupan manusia dan hewan
4.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
mendeskripsikan ketergantungan hewan atau manusia terhadap tumbuhan
5.
Siswa membacakan hasil kerjanya di depan kelas
Kegiatan akhir (10 menit)
10 Tanya
jawab untuk menyimpulkan materi
11 Guru
menutup pembelajaran
IX.
SUMBER
BELAJAR
-
Buku panduan BSE Ilmu Pengetahuan Alam “Senang Belajar
Ilmu Pengetahuan Alam Untuk kelas V SD dan MI” karya Rositawati dan Aris
Muharam
X.
EVALUASI
1.
Instrument
soal
a)
Tugas individu
Tujuan : meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa pada aspek
menulis dan berbicara
Langkah- langkah:
·
Siapkan kertas selembar, kemudian beri nama dan
kelas
·
Ceritakanlah kebutuhan salah satu hewan yang ada
di sekitarmu terhadap tumbuhan hijau sebagai sumer kehidupan
·
Perhatikanlah cara penulisan dengan
memperhatikan EYD yang baik
·
Ceritakan hasil kerjamu di depan kelas
b)
individu
No
|
Indikator Soal
|
Butir Soal
|
Jenjang Kemampuan
|
Jawaban
|
Skor
|
1
|
Mengidentifikasi pengertian sumber makanan
|
Apa yang dimaksud dengan sumber
makanan?
|
C1
|
Adalah sumber penghasil makanan
|
2
|
2
|
Contoh tumbuhan hijau
|
Sebutkan 2 buah tumbuhan yang
digunakan sebagai sumber makanan bagi manusia
|
C1
|
Singkong, wortel
|
2
|
3
|
Jenis hewan
pemakan tumbuhan
|
Tuliskan 3 jenis hewan yang
menjadikan tumbuhan hijau sebagai sumber makanaa?
|
C1
|
Sapi, kambing, jerapah
|
2
|
4
|
Mendeskripsikan
kebutuhan manusia pada tumbuhan hijau
|
Bagaimana kebutuhan manusia terhdap tumuhan hijau
|
C2
|
Manusia sangat mmbutuhkan tumbuhan
sebagai salah satu sumber makanan dan sebagai obat-obatan
|
2
|
5
|
Mendeskripsikan kebutuhan hewan pada
tumbuhan hijau
|
Bagaimana kebutuhan hewan herbivora terhadap tumbuhan hijau
|
C2
|
Bagi hewan herbivora tumbuhan hijau sebagai sumber
utama penghasil makanan
|
2
|
Jumlah skor
|
10
|
2.
penilaian
a)
soal individu
|
b) komunikatif
Tujuan:
melihat kemampuan komunikasi siswa dilihat dari aspek menulis
Skala
skor:
![]() |
![]() |
||||
No comments:
Post a Comment