PRAKTEK
UJIAN
BAHASA
INDONESIA
KOMPETENSI DASAR : Berbicara, mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat,
pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, prafrase, serta
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun.
MATERI :
Teks Pidato
Indikator : Berpidato
atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisaan, perayaan ulang
tahun, dan lain-lain). Dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat.
Petunjuk pengerjaan :
1. Siswa
menyusun sebuah tek pidato dengan memilih salah satu dari tema yang telah
disediakan diantaranya (perayaan ulang tahun dan acara perpisahan kelas)
2. Teks
pidato disusun minimal 4 (empat) paragraph dengan susunan : paragraph 1 berupa
pembukaan, paragraph 2 dan 3 berupa isi pidato dan paragraph 4 merupakan pidato
penutup).
3. Waktu
pengerjaan teks pidato selama 30 menit
4. Gunakan
bahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
5. Bacakan
teks pidatomu di depan kelas dengan lantang.
Ktriteria
Penilaian Praktek Pidato
Penilaian pratek pidato
terdiri dari 2 jenis yaitu: penilaian penulisan teks pidato dan pembacaan teks
pidato.
1. Penilaian
penulisan teks pidato
·
Aspek penilaian :
- Menyusun paragraph dengan baik ( 1 pembuka, 2 dan 3 isi, 4 penutup)/
- Pemilihan kata
- Isi pidato sesuai dengan tema
- Penggunaan bahasa yang sesuai EYD
- Kerapihan dalam menulis pidato
·
skala penilaian
a. Skala
Nilai 75 – 100
Kritria :
-
siswa
mampu menyusun paragraph dengan baik ( 1 pembuka, 2 dan 3 isi, 4 penutup)
-
Pemilihan
kata yang digunakan sesuai
-
isi
pidato sesuai dengan tema
-
penggunaan
bahasa yang sesuai EYD
-
siswa
rapi dalam menulis teks pidato
|
c. Skala
Nilai 25 – 49
Kriteria :
-
paragraph
yang disusun tidak runtut ( 1 pembuka, 2 dan 3 isi, 4 penutup)
-
Pemilihan
kata yang digunakan kurang sesuai
-
isi
pidato kurang sesuai dengan tema yang diambil
-
penggunaan
sebagaian bahasa yang tidak sesuai EYD
-
siswa
rapi dalam menulis teks pidato
:
|
b. Skala
Nilai 50 – 74
Kriteria:
-
siswa
mampu menyusun paragraph dengan baik ( 1 pembuka, 2 dan 3 isi, 4 penutup)
-
Pemilihan
kata yang digunakan kurang sesuai
-
isi
pidato kurang sesuai dengan tema yang diambil
-
penggunaan
bahasa yang sesuai EYD
-
siswa
rapi dalam menulis teks pidato
|
d. Skala
Nilai 10 - 24
Kriteria
:
-
paragraph
yang disusun tidak runtut ( 1 pembuka, 2 dan 3 isi, 4 penutup)
-
Pemilihan
kata yang digunakan kurang sesuai
-
isi
pidato kurang sesuai dengan tema yang diambil
-
penggunaan
sebagaian bahasa yang tidak sesuai EYD
-
siswa
tidak rapi dalam menulis teks pidato
|
2. Penilaian pembacaan teks pidato
·
Aspek
Penilaian
1.
Pelafalan dalam membacakan pidato
2.
Intonasi dalam membaca pidato
3.
Ekspresi saat membaca pidato
4.
Sikap saat membaca pidato
·
Criteria
penilaian
a. Skala
Nilai 75 – 100
Kritria
:
1.
siswa
mampu melafalkan teks pidato dengan baik
2.
Intonasi
siswa saat membacakan pidato baik
3.
Ekspresi
siswa saat membaca pidato sesuai dengan makna pidato
4.
Sikap
saat membaca pidato baik
|
c. Skala
Nilai 25 – 49
Kriteria :
1.
siswa
mampu melafalkan teks pidato dengan baik
2.
Intonasi
siswa saat membacakan pidato kurang
tepat
3.
Siswa
kurang berekspresi saat membaca pidato
4.
Sikap
saat membaca pidato kurang sesuai
:
|
b. skala
nilai 50 – 74
Kriteria:
1.
siswa
mampu melafalkan teks pidato dengan baik
2.
Intonasi
siswa saat membacakan pidato baik
3.
Siswa
kurang berekspresi saat membaca pidato
4.
Sikap
saat membaca pidato kurang sesuai
|
d. Skala
Nilai 10 - 24
Kriteria :
1.
siswa
kurang lancer dalam melafalkan teks pidato
2.
Intonasi
siswa saat membacakan pidato kurang
tepat
3.
Siswa
kurang berekspresi saat membaca pidato
4.
Sikap
saat membaca pidato kurang sesua
|
NILAI
PRAKTEK PIDATO SISWA
NO
|
NISN
|
NAMA SISWA
|
PENULISAN TEKS
PIDATO
|
PEMBACAAN TEKS
PIDATO
|
NILAI PIDATO
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
PRAKTEK
UJIAN
BAHASA
INDONESIA
KOMPETENSI DASAR : Berbicara, mengungkapkan pikiran,
perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat,
pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, prafrase, serta
berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun.
MATERI :
Puisi
Indikator : Membacakan
puisi buatan sendiri dengan ekspresi yang tepat.
Petunjuk pengerjaan :
1. Siswa
menyusun sebuah puisi dengan memilih salah satu dari beberapa tema yang telah
disediakan diantaranya (pendidikan, pemandangan, dan orang tua)
2. Waktu
pembuatan puisi selama 30 menit
3. Gunakan
bahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
4. Bacakan
puisimu di depan kelas dengan lantang.
Ktriteria
penilaian praktek pidato
Penilaian pratek puisi
terdiri dari 2 jenis yaitu: penilaian penulisan puisi dan pembacaan puisi.
1. Penilaian
penulisan puisi
·
Aspek penilaian :
- Pemilihan kata
- Keserasian antar bait
- Penggunaan bahasa yang sesuai EYD
- Kerapihan dalam menulis puisi
·
skala
penilaian
a. Skala
nilai 75 – 100
Kritria
:
-
Pemilihan
kata yang digunakan baik
-
Penyususnan
puisi antar bait baik
-
Penggunaan
bahasa yang sesuai EYD
-
Siswa
rapi dalam menulis puisi
|
c. Skala
nilai 25 – 49
Kriteria :
-
Pemilihan
kata yang digunakan kurang sesuai
-
Puisi
kurang memiliki keserasian antar bait penggunaan sebagaian bahasa yang tidak
sesuai EYD
-
Siswa
rapi dalam menulis puisi
|
b. Skala
nilai 50 – 74
Kriteria:
-
Pemilihan
kata yang digunakan kurang sesuai
-
Puisi
kurang memiliki keserasian antar bait
-
Penggunaan
bahasa yang sesuai EYD
-
Siswa
rapi dalam menulis puisi
|
d. Skala
nilai 10 - 24
Kriteria
:
-
Pemilihan
kata yang digunakan kurang sesuai
-
Isi
puisi kurang sesuai dengan tema yang diambil
-
Penggunaan
sebagaian bahasa yang tidak sesuai EYD
-
Siswa
tidak rapi dalam menulis puisi
|
2.
Penilaian
pembacaan puisi
·
Aspek
Penilaian
1.
Pelafalan
dalam membacakan puisi
2.
Intonasi
dalam membaca puisi
3.
Ekspresi
saat membaca puisi
4.
Sikap
saat membaca puisi
·
Kriteria
penilaian
a. Skala
Nilai 75 – 100
Kritria
:
1.
Siswa
mampu melafalkan puisi dengan baik
2.
Intonasi
siswa saat membacakan puisi baik
3.
Ekspresi
siswa saat membaca puisi sesuai dengan makna puisi
4.
Sikap
saat membaca puisi baik
|
c. Skala
Nilai 25 – 49
criteria
1.
Siswa
mampu melafalkan puisi dengan baik
2.
Intonasi
siswa saat membacakan puisi kurang
tepat
3.
Siswa
kurang berekspresi saat membaca puisi
4.
Sikap
saat membaca puisi kurang sesuai
:
|
b. Skala
Nilai 50 – 74
Criteria:
1.
Siswa
mampu melafalkan puisi dengan baik
2.
Intonasi
siswa saat membacakan puisi baik
3.
Siswa
kurang berekspresi saat membaca puisi
4.
Sikap
saat membaca puisi kurang sesuai
|
d. Skala
Nilai 10 - 24
criteria :
1.
Siswa
kurang lancer dalam melafalkan puisi
2.
Intonasi
siswa saat membacakan puisi kurang
tepat
3.
Siswa
kurang berekspresi saat membaca puisi
4.
Sikap
saat membaca puisi kurang sesua
|
NILAI
PRAKTEK PUISI SISWA
NO
|
NISN
|
NAMA SISWA
|
PENILAIAN PENULISAN PUISI
|
PENILAIAN PEMBACAAN PUISI
|
NILAI PUISI
|
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai Puisi =
REKAP NILAI PRAKTEK BAHASA
INDONESIA
NO
|
NISN
|
NAMA
SISWA
|
ASPEK
PENILAIAN
|
NILAI
PRAKTEK
|
|
PIDATO
|
PUISI
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
15
|
|
|
|
|
|
16
|
|
|
|
|
|
17
|
|
|
|
|
|
18
|
|
|
|
|
|
19
|
|
|
|
|
|
20
|
|
|
|
|
|
Trims ilmunya smga semakin sukses
ReplyDeleteTerima kasih mohon tuk unduh ya, mudah-mudah terus sukses
ReplyDelete