Sunday, 18 May 2014

LEMBAR UJIAN PRAKTEK UNTUK SEKOLAH DASAR


PRAKTEK UJIAN
BAHASA INDONESIA

KOMPETENSI DASAR     : Berbicara, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, prafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun.
MATERI                               : Teks Pidato
Indikator                                : Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisaan, perayaan ulang tahun, dan lain-lain). Dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat.

Petunjuk pengerjaan :
1.      Siswa menyusun sebuah tek pidato dengan memilih salah satu dari tema yang telah disediakan diantaranya (perayaan ulang tahun dan acara perpisahan kelas)
2.      Teks pidato disusun minimal 4 (empat) paragraph dengan susunan : paragraph 1 berupa pembukaan, paragraph 2 dan 3 berupa isi pidato dan paragraph 4 merupakan pidato penutup).
3.      Waktu pengerjaan teks pidato selama 30 menit
4.      Gunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
5.      Bacakan teks pidatomu di depan kelas dengan lantang.


Ktriteria Penilaian Praktek Pidato

Penilaian pratek pidato terdiri dari 2 jenis yaitu: penilaian penulisan teks pidato dan pembacaan teks pidato.
1.       Penilaian penulisan teks pidato
·         Aspek penilaian :
  1. Menyusun paragraph dengan baik ( 1 pembuka, 2 dan 3 isi, 4 penutup)/
  2. Pemilihan kata
  3. Isi pidato sesuai dengan tema
  4. Penggunaan bahasa yang sesuai EYD
  5. Kerapihan dalam menulis pidato
·         skala penilaian
a.      Skala Nilai 75 – 100
Kritria    :
-          siswa mampu menyusun paragraph dengan baik ( 1 pembuka, 2 dan 3 isi, 4 penutup)
-          Pemilihan kata yang digunakan sesuai
-          isi pidato sesuai dengan tema
-          penggunaan bahasa yang sesuai EYD
-          siswa rapi dalam menulis teks pidato


c.       Skala Nilai 25 – 49
                         Kriteria :
-          paragraph yang disusun tidak runtut ( 1 pembuka, 2 dan 3 isi, 4 penutup)
-          Pemilihan kata yang digunakan kurang sesuai
-          isi pidato kurang sesuai dengan tema yang diambil
-          penggunaan sebagaian bahasa yang tidak sesuai EYD
-          siswa rapi dalam menulis teks pidato
 :
b.      Skala Nilai 50 – 74
Kriteria:
-          siswa mampu menyusun paragraph dengan baik ( 1 pembuka, 2 dan 3 isi, 4 penutup)
-          Pemilihan kata yang digunakan kurang sesuai
-          isi pidato kurang sesuai dengan tema yang diambil
-          penggunaan bahasa yang sesuai EYD
-          siswa rapi dalam menulis teks pidato

d.      Skala Nilai 10 - 24
Kriteria  :
-          paragraph yang disusun tidak runtut ( 1 pembuka, 2 dan 3 isi, 4 penutup)
-          Pemilihan kata yang digunakan kurang sesuai
-          isi pidato kurang sesuai dengan tema yang diambil
-          penggunaan sebagaian bahasa yang tidak sesuai EYD
-          siswa tidak rapi dalam menulis teks pidato


2.      Penilaian pembacaan teks pidato
·         Aspek Penilaian
1.      Pelafalan dalam membacakan pidato
2.      Intonasi dalam membaca pidato
3.      Ekspresi saat membaca pidato
4.      Sikap saat membaca pidato


·         Criteria penilaian
a.      Skala Nilai 75 – 100
Kritria :
1.      siswa mampu melafalkan teks pidato dengan baik
2.      Intonasi siswa saat  membacakan pidato baik
3.      Ekspresi siswa saat membaca pidato sesuai dengan makna pidato
4.      Sikap saat membaca pidato baik
c.       Skala Nilai 25 – 49
                         Kriteria :
1.      siswa mampu melafalkan teks pidato dengan baik
2.      Intonasi siswa saat  membacakan pidato kurang tepat
3.      Siswa kurang berekspresi saat membaca pidato
4.      Sikap saat membaca pidato kurang sesuai
 :
b.      skala nilai 50 – 74
Kriteria:
1.      siswa mampu melafalkan teks pidato dengan baik
2.      Intonasi siswa saat  membacakan pidato baik
3.      Siswa kurang berekspresi saat membaca pidato
4.      Sikap saat membaca pidato kurang sesuai
d.      Skala Nilai 10 - 24
                       Kriteria :
1.      siswa kurang lancer dalam melafalkan teks pidato
2.      Intonasi siswa saat  membacakan pidato kurang tepat
3.      Siswa kurang berekspresi saat membaca pidato
4.      Sikap saat membaca pidato kurang sesua




NILAI PRAKTEK PIDATO SISWA
NO
NISN
NAMA SISWA
PENULISAN TEKS PIDATO
PEMBACAAN TEKS PIDATO
NILAI PIDATO
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20





 



PRAKTEK UJIAN
BAHASA INDONESIA

KOMPETENSI DASAR     : Berbicara, mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk karangan sederhana, petunjuk, surat, pengumuman, dialog, formulir, teks pidato, laporan, ringkasan, prafrase, serta berbagai karya sastra untuk anak berbentuk cerita, puisi, dan pantun.
MATERI                               : Puisi 
Indikator                                : Membacakan puisi buatan sendiri dengan ekspresi yang tepat.

Petunjuk pengerjaan :
1.      Siswa menyusun sebuah puisi dengan memilih salah satu dari beberapa tema yang telah disediakan diantaranya (pendidikan, pemandangan, dan orang tua)
2.      Waktu pembuatan puisi selama 30 menit
3.      Gunakan bahasa yang baik dan benar sesuai dengan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)
4.      Bacakan puisimu di depan kelas dengan lantang.




Ktriteria penilaian praktek pidato
Penilaian pratek puisi terdiri dari 2 jenis yaitu: penilaian penulisan puisi dan pembacaan puisi.
1.       Penilaian penulisan puisi
·         Aspek penilaian :
  1. Pemilihan kata
  2. Keserasian antar bait
  3. Penggunaan bahasa yang sesuai EYD
  4. Kerapihan dalam menulis puisi

·         skala penilaian
a.      Skala nilai 75 – 100
Kritria :
-          Pemilihan kata yang digunakan baik
-          Penyususnan puisi antar bait baik
-          Penggunaan bahasa yang sesuai EYD
-          Siswa rapi dalam menulis puisi

c.       Skala nilai 25 – 49
                         Kriteria :
-          Pemilihan kata yang digunakan kurang sesuai
-          Puisi kurang memiliki keserasian antar bait penggunaan sebagaian bahasa yang tidak sesuai EYD
-          Siswa rapi dalam menulis puisi
b.      Skala nilai 50 – 74
Kriteria:
-          Pemilihan kata yang digunakan kurang sesuai
-          Puisi kurang memiliki keserasian antar bait
-          Penggunaan bahasa yang sesuai EYD
-          Siswa rapi dalam menulis puisi
d.      Skala nilai 10 - 24
Kriteria  :
-          Pemilihan kata yang digunakan kurang sesuai
-          Isi puisi kurang sesuai dengan tema yang diambil
-          Penggunaan sebagaian bahasa yang tidak sesuai EYD
-          Siswa tidak rapi dalam menulis puisi









2.      Penilaian pembacaan puisi

·         Aspek Penilaian
1.      Pelafalan dalam membacakan puisi
2.      Intonasi dalam membaca puisi
3.      Ekspresi saat membaca puisi
4.      Sikap saat membaca puisi

·         Kriteria penilaian
a.      Skala Nilai 75 – 100
Kritria :
1.      Siswa mampu melafalkan puisi dengan baik
2.      Intonasi siswa saat  membacakan puisi baik
3.      Ekspresi siswa saat membaca puisi sesuai dengan makna puisi
4.      Sikap saat membaca puisi baik
c.       Skala Nilai 25 – 49
                         criteria
1.      Siswa mampu melafalkan puisi dengan baik
2.      Intonasi siswa saat  membacakan puisi kurang tepat
3.      Siswa kurang berekspresi saat membaca puisi
4.      Sikap saat membaca puisi kurang sesuai
 :
b.      Skala Nilai 50 – 74
Criteria:
1.      Siswa mampu melafalkan puisi dengan baik
2.      Intonasi siswa saat  membacakan puisi baik
3.      Siswa kurang berekspresi saat membaca puisi
4.      Sikap saat membaca puisi kurang sesuai
d.      Skala Nilai 10 - 24
                       criteria :
1.      Siswa kurang lancer dalam melafalkan puisi
2.      Intonasi siswa saat  membacakan puisi kurang tepat
3.      Siswa kurang berekspresi saat membaca puisi
4.      Sikap saat membaca puisi kurang sesua






NILAI PRAKTEK PUISI SISWA
NO

NISN
NAMA  SISWA
PENILAIAN PENULISAN PUISI
PENILAIAN PEMBACAAN PUISI
NILAI PUISI
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20












Nilai Puisi =

REKAP NILAI PRAKTEK BAHASA INDONESIA
NO
NISN
NAMA SISWA
ASPEK PENILAIAN
NILAI PRAKTEK
PIDATO
PUISI
1





2





3





4





5





6





7





8





9





10





11





12





13





14





15





16





17





18





19





20






2 comments:

  1. Trims ilmunya smga semakin sukses

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mohon tuk unduh ya, mudah-mudah terus sukses

    ReplyDelete